Header Ads

Duka Rohingya, Umat Islam Manado Gelar Dzikir Akbar

Manado, Peristiwa kemanusiaan di Rohingya, Myanmar, mendapat kecaman keras diberbagai belahan dunia. Tindakan kekerasan terhadap etnis minoritas ini belakangan membuat jagat dunia maya ramai pemberitaan. Militer Myanmar dianggap telah mencoreng hak asasi suku yang didominasi oleh umat Islam tersebut. Betapa tidak, ratusan ribu penduduk miskin ini harus mengungsi bahkan kehilangan sanak family karena tewas dibunuh.

Aksi keras muncul dari elemen Muslim sedunia. Dataran Eropa hingga semenanjung Nusantara akhir-akhir ini melakukan beragam kegiatan untuk merespon peristiwa kemanusiaan tersebut. Mulai dari demonstrasi, aksi penggalangan dana hingga penyerbuan kantor kedutaan Myanmar. Hari ini, Sabtu (16/03), sebagian besar Muslim Kota Manado akan menggelar Dzikir dan Doa Bersama untuk Rohingya. Bertempat di Lapangan Sparta Tikala, kegiatan yang didukung oleh organisasi massa, kepemudaan dan kemahasiswaan ini menjadi momentum terbaik bagi umat Islam Manado untuk turut andil dalam merespon peristiwa brutal itu.

Pengurus Yayasan Al Hikam Cinta Indonesia, sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurut ketua yayasan, Taufik Bilfagih, Dzikir dan Doa umat Islam Manado untuk Rohingya merupakan wujud dari kepedulian bersama. "Sebagai umat beragama, kita semua harus terpukul dengan peristiwa naas bagi minoritas Rohingya. Agenda doa bersama yang digelar umat Islam Manado nanti, adalah kepeduliaan besar kita. Salut dengan panitia penyelenggara." Pungkasnya.

Taufik juga menambahkan bahwa aksi solidaritas kepada Rohingya seyogyanya pun harus dilakukan oleh semua umat beragama. "Saya berharap, umat beragama lainnya ikut menggelar doa bersama. Karena peristiwa Rohingya, lepas dari segala motiv dan latar belakangnya, merupakan masalah kemanusiaan. Semua kalangan harus ikut meresponnya" Papar dosen IAIN Manado ini. 

Pagelaran Dzikir dan Doa malam ini akan dipimpin langsung oleh Ust. Abdurahman Mahrus dan Ust. Yaser Bachmid. Tokoh muslim Manado lainnya, serta para ustadz dan Kiai pun dijadwalkan akan menghadirinya. Semoga acara berjalan lancar dan membawa berkah bagi kerukunan umat dimanapun berada. (Adm)

Tidak ada komentar