Header Ads

Program Kerja

Program Umum Yayasan al-Hikam
Program Internal
- Kajian Rutin
Program ini berjalan dengan, acuan kurikulum kajian yang disusun dan ditangani oleh Divisi Kajian dan Pengembangan Intelektual dalam kurun waktu 3 bulan (Triwulan) dan terus berlanjut sebagai Diskusi dan kajian rutin internal yang diikuti oleh seluruh jama’ah.
- Amaliyah Rutin
Amaliyah rutin merupakan kegiatan pembacaan beberapa amaliyah seperti Yasin, Manzil, Ratibul Haddad, Simtuth Durror, Tarekat Alawiyyin, yang dilanjutkan dengan tausyiah keagamaan oleh Habib Muhsin Bilfagih dan tokoh-tokoh masyarakat Sulut yang bertepatan di undang. Kegiatan rutin ini diadakan setiap hari Selasa mulai ba’da Isya hingga selesai. Bertempat di sekretariat Yayasan.
- Discuss Release on the Milis (Rilis Resume Diskusi)
Merupakan program tindak lanjut yang berada pada lingkup kerja divisi Infokom, yang secara teknis meninjaklanjuti hasil resume diskusi kajian rutin untuk dipublikasikan melalui Situs atau milis resmi “www.alhikam-indonesiacom” dan email: billfagih@gmail.com. Selanjutnya memanajemen data sebagai inventaris internal Yayasan al-Hikam.
- Talk Show di Radio dan TV Lokal
Mengadakan talkshow reguler dan rutin bekerjasama dengan radio-radio dan TV lokal, sebagai sarana sosialisasi dan agitasi wacana Ke-Islaman, Politik, Sosial dan Kebudayaan yang Aktual dan Relevan, tema-tema talkshow secara khusus digodok oleh Divisi kajian, Peng.Intelektual.
- Arisan
Arisan merupakan sebuah program alternatif dalam memberikan kesempatan bagi anggota majelis dalam menghidupkan perekonomian pada kehidupan sehari-hari. Arisan dilaksanakan setiap malam Rabu ba’da pengajian.

Program Ekstra
- Road Show Discussions
Mengadakan parade diskusi dan tabligh akbar keberbagai daerah di Sulawesi Utara maupun luar SULUT bertujuan mensosialisasikan dan penguatan wacana ke masyarakat luas, secara teknis difasilitasi oleh Divisi Public Relation.
- Pesantren Kilat
Program khusus Yayasan al-Hikam dibulan Ramadhan, secara teknis ditangani oleh Divisi Public Relation, melalui pesantren kilat ramadhan di SMU-SMU, MA, dan lembaga pendidikan lain yang sederajat. Targetnya adalah sebagai sarana pengenalan Islam yang lebih humanis kepada para pemuda-pemudi Pelajar Sulawesi Utara.
- Penerbitan Buku
Program ini bertujuan mewadahi dan menghimpun bakat menulis dari seluruh anggota Yayasan dengan sarana menerbitkan buku. Secara teknis program ini ditangani oleh Divisi Infokom, dan berfungsi sebagai sarana sosialisasi ide-ide Yayasan ke level yang lebih luas tidak hanya kaum Grassroot tetapi juga Kaum Intelektual Kampus (Campus society)
- Peneritan Buletin
Penerbitan Buletin yang di beri nama Buletin Alhikam merupakan program mingguan. Terbit setiap Selasa dan di bagikan kepada seluruh jama’ah majelis pengajian. Selain itu, buletin ini juga diperbanyak untuk kemudian dibagikan buat masjid-masjid sekitar Kota Manado setiap hari Jum’at. Buletin ini memuat tulisan wajib Habib Muchsin Bilfagih, dan beberapa info tentang dunia Islam.
- Sunnatan Massal
Kegiatan ini akan dilakukan dalam kurun waktu 4 bulan sekali yang menghimpun anak-anak muslim yang belum dikhitan. Program ini sebagai wujud kepedulian majelis terhadap masyarakat muslim di Sulawesi Utara khususnya Manado.
- Bakti Sosial (Baksos)
Baksos merupakan kegiatan sosial yang berorientasi pada kerja-kerja praksis dalam membantu masyarakat Sulawesi Utara, mulai dari kampanye cinta lingkungan hingga melakukan gotong royong dalam masyarakat.

Program Pendidikan
Selain program umum yang telah termaktub di atas, Yayasan al-Hikam kini tengah mempersiapkan program pendidikan yang berbentuk sekolah formal.
1. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
2. Raudatul Athfal (RA)
3. Madrasah Ibtidayah (belum terealisasi)
4. Madrasah Tsanawiyah (belum terealisasi)
5. Madrasah Aliah 

Program Sosial
1. Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA)

Program Usaha
1. Lembaga Usaha Masyarakat (LUM) Madani
2. Kelompok Usaha Bersama Putra Mandiri ( http://kunci-rizki-abadi.blogspot.co.id )