Catatan WA; Membumikan Sujud

Ikhwan Skalian !

Saya mencoba menerangkan tentang aktivitas Shalat. Aktivitas ritual ini memiliki hubungan simbolik dengan membaca Al qur'an atau membaca Juz. Dalam shalat, titik dalam tubuh digerakkan dalam rangka memperoleh suatu akomodasi, ditambah dengan bacaan (mantra) tertentu untuk menggetarkan jaringan sel-sel tubuh.  Sedangkan titik tertinggi dalam shalat adalah pada saat "sujud", yaitu terdapat 7 titik tumpuan, sebagai berikut:

1. Kepala
2. Tangan kanan
3. Tangan kiri
4. Lutut kanan
5. Lutut kiri
6. Kaki kanan
7. Kaki kiri.

Ikhwan.... 

Ke  7 titik tumpuan diatas adalah, anatomi tubuh yang tersentuh tanah ketika kita akan sujud dalam shalat. Angka 7 memiliki korelasi dengan sujud atau sajadah. Apabila angka 7 di korelasikan dengan bahasa, maka seperti Sab'a atau huruf  Sin - Ba - Ain.

Huruf Sin adalah huruf yang ke 12, huruf  Ba adalah huruf yang ke  2, huruf  Ain adalah huruf yang ke  18 (dalam hijaiyah). Jika dijumlah sama dengan 12 + 2 + 18 =  32, yakni surah yang ke 32. Adapun Surah ke 32 adalah  "As-Sajadah" yang berarti  sujud.

Perhatikan...!!

Surah As Sajadah adalah memiliki jumlah ayat 30 sama dengan jumlah juz. Oleh karena itu, secara filosofis dapat saya jelaskan bahwa, di dalam Ka'bah kemana saja kita menghadapkan shalat, terdapat beberapa titik penting.

Ketika kita sedang melakukan sujud dan menghadap Ka'bah dalam shalat, maka ada 16 titik yang dapat dijelaskan. Angka 16 sama dengan jumlah halaman pada setiap Juz. Dengan demikian pada saat kita membaca Juz, secara simbolik kita sedang melakukan sujud, yaitu:

Halaman:
1. Sisi kiri Ka'bah
2. Sisi belakang Ka'bah
3. Sisi kanan Ka'bah
4. Sisi atas Ka'bah
5. Sisi dasar Ka'bah
6. Sudut kanan Ka'bah
7. Kaki kiri Ka'bah (dalam sujud)
8. Kaki kanan ka'bah (dalam sujud)
9. Lutut kiri (dalam sujud)
10 Lutut kanan (sujud)
11.Tangan kiri (sujud)
12.Tangan kanan (sujud)
13.Kepala (dalam sujud)
14.Pintu ka'bah
15.Mimbar (batu hitam)sudut (surah ke 15, Al hijir atau batu)
16.Areal tanah disekeliling Ka'bah atau di sekeliling kita sendiri.

Jelaslah bahwa puncak shalat adalah "sujud", disamping terdapat 7 tumpuan tubuh kita diatas tanah, juga terdapat  16 makna simbol yang berkaitan dengan Ka'bah. Angka 7, apabila di larikan pada surat, maka surat yang ke 7 adalah Al-A'raf yang berarti "Puncak KeArifan" dan Spritualitas. 

Disinilah letak pentingnya shalat, salah satunya untuk meningkatkan kondisi spiritualitas manusia, sehingga tidak hanya sifat kbinatangan (Al-An'am) saja yang aktif dalam diri kita.

Demikian.

Hb. Muhsin Bilfagih
***

Follow us

Pages