Alhikam digandeng DINSOS SULUT

Taufik Bilfagih, S. Sos. I
(Ketua Yayasan ACI)


Pengurus Yayasan Al Hikam Cinta Indonesia (ACI) bekerjasama dengan Dinas Sosial Prov. Sulawesi Utara memfasilitasi masyarakat untuk mendapatkan layanan kartu Askesos yang dikelola oleh Jamsostek Manado. Program ini merupakan sebuah solusi bagi masyarakat miskin yang mengalami kesulitan dalam mendapatkan pelayanan kesehatan. Namun, masyarakat yang dimaksud adalah mereka yang memiliki profesi (sebagai pekerja), pegawai, maupun buruh.

Layanan Askessos sendiri ditujukan untuk memberikan perlindungan/jaminan penghasilan bagi para pekerja informal yang tidak bisa bekerja sebagai, kecelakaan, dan meninggal dunia. Bantuan yang diberikan berupa Cadangan Dana Klaim (APBN) disalurkan kepada pihak Jamsostek sebagai perusahaan asuransi yang mengelola Penyaluran Dana Asuransi Kesejahteraan Sosial (Askesos) tahun 2012.

Taufik Bilfagih, Ketua Yayasan ACI, mengungkapkan, pihak Yayasan kini sudah mendata sekitar 500 warga miskin yang bekerja diberbagai profesi untuk mendapatkan kartu Askesos. “Sekitar 500 warga yang kami data. Mereka dengan beragam profesi. Mudah-mudahan akan bermanfaat bagi mereka yang kurang mampu. Dan Yayasan siap berperan aktif dalam melayani klaimnya nanti” tegasnya.

Sebagai pihak yang dipercaya oleh kepala dinas Sosial Prov. Sulawesi Utara, Yayasan ACI akan mendampingi pejabat dari Ditjen Sosial Kemensos dan Jamsostek dalam memberikan penyuluhan serta pemantapan program itu kepada masyarakat. Penyuluhan program Askessos yang dikelola oleh Yayasan ACI ini hanya dikhususkan bagi masyarakat Kelurahan Malendeng Kota Manado.
Arafah, SHi

Hal ini dibenarkan oleh Arafah, Ketua Pelaksana Program Askesos, beberapa hari yang lalu. “Kami akan membantu pihak pemerintah untuk mensosialisasikan program ini. Namun, khusus buat Yayasan ACI hanya beroperasi di daerah kelurahan Malendeng saja, sebab terdapat Orsos lainnya yang mengelola di daerah-daerah tertentu.” ujar pria jangkung ini

Melalui program Yayasan ACI tersebut, tentunya sangat positif bagi kehidupan sosial yang ada di daerah Sulawesi Utara, khususnya kota Manado.





Tidak ada komentar:

Markas Kami